Jl. Kalimantan No 1 Kampung I / Skip 085179990551 mailbox@tarakankota.go.id

Jelang Nataru Dinkes Waspada Peningkatan Covid-19

0 comments 2023-12-18 16:00:24  

KBRN - Tarakan : Jelang akhir tahun 2023, adanya peningkatan kasus Covid -19 di Indonesia menjadikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta seluruh jajarannya yang ada di daerah untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti mengatakan, tentunya dengan bertepatan natal dan tahun baru (Nataru) tentunya arus orang yang akan merayakan natal dan tahun baru akan meningkat dan pihak Dinkes dalam hal ini Pemkot Tarakan akan meningkatkan kewaspadaan di pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan. 

"Kalau dari pemkot tetap antisipasi karena ada timnya, dan kita melakukan pemantauan dan pengawasan," kata dr. Devi, Senin (18/12/2023). 

Devi mengungkapkan, Dinkes juga telah mendapatkan surat edaran dari Kemenkes terkait peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia, dalam surat tersebut berisikan peningkatan kewaspadaan, pengawasan penumpang pesawat maupun kapal dan lainnya. 

"Antisipasi di fasilitas kesehatan baik itu rumah sakit maupun puskesmas seperti penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan," ungkapnya. 

Ia pun mengajak masyarakat agar menggunakan masker sebagai bentuk menjalankan protokol kesehatan, hal ini mengantisipasi penularan covid-19 di akhir tahun. 

Untuk diketahui, kasus Covid-19 kali ini didominasi subvarian EG.5. yang merupakan turunan dari varian omicron dan masuk dalam kategori variants of interest (VOI) atau varian yang memiliki mutasi genetik yang diprediksi dapat memengaruhi karakteristik klinis virus.

0 comments

©

Tarakan    Designed by HTML Codex


Distributed By: ThemeWagon